E-COMMERCE dan BISNIS
PENGERTIAN E-commere
Secara
sederhana E-commere dapat diartikan sebagai konsep penerapan E-bussines sebagai
strategi jual-beli barang dan jasa melalui jaringan elektronik dan biasanya
melibatkan transaksi data elektronik, sistem manajemen inventory otomatis dan
sistem pengumpulan data otomatis. Hal ini disebabkan semakin pesatnya
perkembangan teknologi informasi baik dalam segi efisiensi serta keamanannya,
sehinnga memunculkan ide-ide gagasan untuk menjadikan teknologi informasi itu
sebagai media untuk melakukan pemasaran, promosi, bahkan transakasi data yang
dianggap bisa lebih effisien dan mempermudah transaksi jual-beli.
Sejarah
singkat perkembangan e-commerce. Kemunculan E-commerce pertama kali
diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai
untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman website. Menurut Riset
Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar
pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu,
pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan
akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
PENGERTIAN BISNIS
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggrisbusiness, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggrisbusiness, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
PERKEMBANGAN
E-COMMERCE DI INDONESIA DAN DUNIA
Perkembangan
e-commerce di Indonesia
Saat ini dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan
internet di indonesia, telah memiliki dampak yang besar terhadap perubahan
bisnis. Yaitu mulai dari cara beriklan, cara jual beli, cara berinteraksi antar
manusia, dan sebagainya. Contoh e-commerce di Indonesia yang sudah popular dan
memiliki reputasi yang baik adalah seperti www.bhineka.com, www.blibli.com,
www.gramedia.com, E-commerce adalah sebuah layanan internet yang dimanfaatkan
untuk jual-beli. Dengan ecommerce telah banyak merubah dalam proses jual-beli.
Jika dalam suatu jual-beli penjual dan pembeli bertemu, namun jika dengan
e-commerce mereka tidak perlu bertemu, mereka
berinteraksi dengan melalui internet maupun dengan komunikasi melalui telepon. Dalam proses ini kepercayaanlah yang menjadi modal utama. Karena tanpa kepercayaan kedua belah pihak, maka proses jual-beli e-commerce bisa terjadi dan terlaksana. Namun dengan perkembangan yang semakin pesat, maka banyak toko online / e-commerce bermunculan. Baik mereka dengan memanfaatkan blog, social media, website. Dengan pesatnya ini membuat semakin mudahnya dalam jual beli.
berinteraksi dengan melalui internet maupun dengan komunikasi melalui telepon. Dalam proses ini kepercayaanlah yang menjadi modal utama. Karena tanpa kepercayaan kedua belah pihak, maka proses jual-beli e-commerce bisa terjadi dan terlaksana. Namun dengan perkembangan yang semakin pesat, maka banyak toko online / e-commerce bermunculan. Baik mereka dengan memanfaatkan blog, social media, website. Dengan pesatnya ini membuat semakin mudahnya dalam jual beli.
Dalam perkembangannya saat ini dengan banyaknya
bermunculan toko online. Sehingga banyak yang memanfaatkan untuk mengambil
keuntungan pribadi dengan melakukan penipuan. Pada awal 2010-2011 banyak
bermunculan toko online palsu baik melalui website maupun jejaring sosial.
Mereka menjanjikan dengan harga yang jauh lebih murah dari harga normal. Dalam
prakteknya biasanya mereka meminta transfer 50% di awal. Dan berjanji akan mengirimkan
barangnya segera, akan tetapi esok harinya mereka meminta pelunasan dengan
alasan ada masalah di bea cukai ataupun administrasi. Dan berjanji akan
mengirimkannya secepatnya. Akan tetapi setelah pelunasan terjadi oleh pihak
pembeli. Maka si penjual langsung menon aktifkan no ponsel yang dipakai untuk
berhubungan dengan pembeli tadi. Dengan melihat banyaknya kasus di atas maka
seharusnya pihak pemerintah melakukan regulasi atau aturan tentang toko online.
Hal ini bisa dengan pendaftaran atau pendataan toko online dengan aturan
khusus.
Adapun tips untuk agar terhindar dari penipuan atau toko online palsu adalah :
- memastikan dengan mencari info tentang kebenaran web tersebut.
- melakukan testimony di forum maupun mailist tentang toko online tersebut.
- memastikan toko tersebut memiliki reputasi yang baik,termasuk dalam purna jual / garansi.
- jika toko tersebut memiliki fasilitas dari sebuah atau beberapa bank dalam pembayaran, misal klikpay dari bank BCA, atau pembayaran dengan kartu kredit. Maka bisa dipastikan toko tersebut benar dan memiliki reputasi yang baik juga. Keuntungan dalam transaksi di toko online adalah :
- Pembeli dengan mudah mendapatkan barang tanpa pergi ke toko, dan melakukan penawaran terhadap suatu barang, karena bisa dengan langsung melakukan penawaran harga terhadap suatu barang sebelum terjadi harga yang sesuai dengan kedua belah pihak.
- Pembeli dapat menghemat waktu dalam mendapatkan barang.
- Penjual tidak perlu menyewa sebuah space toko atau gerai yang berlokasi strategis untuk
memajang produk dan agar lebih laku produk kita dan memiliki banyak pelanggan.
- Penjual bisa memajang buka took selama 7 x 24 jam, karena tidak terbatas waktu, dan
bisa mendapatkan pelanggan dari mana saja.
Kerugian dalam transaksi di took online adalah :
- Kesesuaian barang biasanya membuat pelanggan kecewa dengan produk yang telah dia
beli karena tidak sesuai dengan barang yang ada di dalam foto di website, hal ini karena
pembeli tidak bisa melihat kondisi barang secara langsung.
- Proses pengurusan garansi yang tidak jelas, dan kadang sulit.
- Kepercayaan menjadi modal utama dalam transaksi, akan tetapi saat ini terjadi krisis
kepercayaan di masyarakat Indonesia sendiri.
- Reputasi toko online yang buruk untuk wilayah Indonesia sendiri.
Adapun tips untuk agar terhindar dari penipuan atau toko online palsu adalah :
- memastikan dengan mencari info tentang kebenaran web tersebut.
- melakukan testimony di forum maupun mailist tentang toko online tersebut.
- memastikan toko tersebut memiliki reputasi yang baik,termasuk dalam purna jual / garansi.
- jika toko tersebut memiliki fasilitas dari sebuah atau beberapa bank dalam pembayaran, misal klikpay dari bank BCA, atau pembayaran dengan kartu kredit. Maka bisa dipastikan toko tersebut benar dan memiliki reputasi yang baik juga. Keuntungan dalam transaksi di toko online adalah :
- Pembeli dengan mudah mendapatkan barang tanpa pergi ke toko, dan melakukan penawaran terhadap suatu barang, karena bisa dengan langsung melakukan penawaran harga terhadap suatu barang sebelum terjadi harga yang sesuai dengan kedua belah pihak.
- Pembeli dapat menghemat waktu dalam mendapatkan barang.
- Penjual tidak perlu menyewa sebuah space toko atau gerai yang berlokasi strategis untuk
memajang produk dan agar lebih laku produk kita dan memiliki banyak pelanggan.
- Penjual bisa memajang buka took selama 7 x 24 jam, karena tidak terbatas waktu, dan
bisa mendapatkan pelanggan dari mana saja.
Kerugian dalam transaksi di took online adalah :
- Kesesuaian barang biasanya membuat pelanggan kecewa dengan produk yang telah dia
beli karena tidak sesuai dengan barang yang ada di dalam foto di website, hal ini karena
pembeli tidak bisa melihat kondisi barang secara langsung.
- Proses pengurusan garansi yang tidak jelas, dan kadang sulit.
- Kepercayaan menjadi modal utama dalam transaksi, akan tetapi saat ini terjadi krisis
kepercayaan di masyarakat Indonesia sendiri.
- Reputasi toko online yang buruk untuk wilayah Indonesia sendiri.
Perkembangan Bisnis
Di Indonesia
Saat ini di indonesia pesat sekali dalam
perkembangan bisnis. Banyak pengembangan bisnis muncul dari bisnis kecil hingga
bisnis yang mendunia, dari bisnis offline hingga bisnis online. Hal tersebut
sangat mengangumkan sekali bagi bangsa Indonesia. Dalam perkembangan bisnis
offline Indonesia bisa disebut merupakan prospek pasar yang cerah bagi para
investor. Terutama invstor dalam negeri. Karena setiap sudut di Negara kita ini
bisa menghasilkan uang.
Sudah banyak para pebisnis sukses Indonesia yang berhasil.
Kita liat saja seperti Tung Desem Waringin, Abdurizal Bakrie dll. Itu merupakan
beberapa contoh betapa besarnya geliat bisnis di negeri kita ini. Dan juga
bisnis di Indonesia sudah mulai dilirik oleh pasar luas yaitu pasar asing. Para
investor luarpun berlomba-lomba untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Itu
merupakan apresiasi yang bagus dari para investor dan menandakan bahwa
Indonesia mulai dipercaya untuk menjadi tempat penanaman modal.
Bisnis onlinepun saat ini tidak kalah pentingnya. Meskipun dibilang agak tertinggal dari bisnis offline tetapi bisnis online terus mengejarnya. Di pasar internasional Indonesia merupakan salah satu pelaku yang diakui dalam bisnis online. Itu terbukti dengan banyaknya para pengguna internet dari Indonesia yang menggunakan “ebuy” yang merupakan salah satu situs jual beli berskala internasional.
Bisnis onlinepun saat ini tidak kalah pentingnya. Meskipun dibilang agak tertinggal dari bisnis offline tetapi bisnis online terus mengejarnya. Di pasar internasional Indonesia merupakan salah satu pelaku yang diakui dalam bisnis online. Itu terbukti dengan banyaknya para pengguna internet dari Indonesia yang menggunakan “ebuy” yang merupakan salah satu situs jual beli berskala internasional.
Meskipun belum mendapat kepercayaan tinggi di bidang bisnis
online. Indonesia tetap menggeliat dalam berbisnis online. Dan secara bertahap
pasar internasional mulai mempercayai Indonesia. Itu ditandai dengan datangnya
web-web besar seperti paypal, skype, yahoo ke Indonesia. Mereka
berbondong-bondong ke Indonesia untuk memanfaatkan pasar Indonesia.
Dari beberapa hal diatas dapat disimpulkan bahwa geliat bisnis Indonesia di pasar Internasional sangat bagus. Animo masyarakat tentang bisnis berskala internasional mulai terbuka. Dan dengan itu sebuah web di Indonesia menyediakan sebuah layanan jejaring untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan kepada sesama pebisnis. Layanan ini sangat bagus untuk membantu sesama pebisnis dalam kebersamaan. Karena jejaring sosial yang konsen terhadap bisnis Indonesia ini sangat mendukung perkembangan Indonesia. Jadi untuk itu join di web frigz.com untuk bertemu semua pebisnis di dunia maya. Untuk saling berkembang dan bersatu untuk kesejahteraan dan kemakmuran. Komunitas Bisnis Indonesia Online
Dari beberapa hal diatas dapat disimpulkan bahwa geliat bisnis Indonesia di pasar Internasional sangat bagus. Animo masyarakat tentang bisnis berskala internasional mulai terbuka. Dan dengan itu sebuah web di Indonesia menyediakan sebuah layanan jejaring untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan kepada sesama pebisnis. Layanan ini sangat bagus untuk membantu sesama pebisnis dalam kebersamaan. Karena jejaring sosial yang konsen terhadap bisnis Indonesia ini sangat mendukung perkembangan Indonesia. Jadi untuk itu join di web frigz.com untuk bertemu semua pebisnis di dunia maya. Untuk saling berkembang dan bersatu untuk kesejahteraan dan kemakmuran. Komunitas Bisnis Indonesia Online
Perkembangan
e-commerce di dunia
Pada tahun 2011 ini diprediksi penggunaan internet di
seluruh dunia akan meningkat, terutama di benua asia yang memiliki hampir 56%
penduduk dunia. Hal ini taka lepas dari kemudahan akses dalam menggunakan
internet, yang jika dahulu hanya bisa di akses melalui komputer, sekarang bisa
di akses dengan alat yang lebih portable yakni Tablet PC ataupun smartphone.
Selain itu kecepatan akses internet yang semakin meningkat juga membuat
perkembangan e-commerce menjadi lebih cepat.
Dari data riset yang dilakukan oleh pengamat
teknologi, penetrasi pasar di Asia masih sangat rendah di banding dengan
wilayah lain di dunia, tetapi beberapa tahun ke depan diprediksi penetrasi ini
akan menigkat seiring perkembangan infrastruktur internet yang ada di asia yang
sebagaian besar negaranya merupakan Negara berkembang. Tentu hal ini akan
dimanfaatkan betul oleh toko-toko online terkemuka di dunia untuk mengembangkan
pasarnya di wilayah asia. Misalnya seperti dibukanya akses id asal Indonesia
untuk bisa membeli music digital melalui iTunes yang merupakan produk dari
apple.
Untuk di wilayah lain perkembangan e-commerce juga akan
meningkat, missal di wilayah eropa atau amerika. Meskipun di eropa sedang
terjadi krisis ekonomi, namun hal ini tak akan mempengaruhi perkembangan
e-commerce di kawasan tersebut. Selain itu, layanan e-commerce di kawasan itu terus
diperbarui untuk bisa lebih menarik banyak konsumen. Apalagi kebudayaan
masyarakat eropa dan amerika yang menginginkan pembelian produk dapat di
lakukan secara praktis dan dimana saja mereka dapat mengaksesnya.
Perkembangan
Bisnis Di Dunia
Perkembangan bisnis dunia
tergantung pada pertumbuhan ekonomi dunia
Pertumbuhan ekonomi dunia diramalkan anak naik tajam di tahun 2010 menjadi 3,1 persen dibanding tahun 2009 yang hanya -1,1 persen berdasarkan proyeksi terakhir Internasional Monetary Fund (IMF). Hal tersebut disampaikan Ketua Lembaga Pengkajian, Penelitian, dan Pengembangan Ekonomi (LP3E) Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Faisal Basri dalam jumpa pers "Prospek dan Tantangan Ekonomi 2010 di Menara Kadin, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selasa (12/1/2010).
"Tak satupun negara pertumbuhannya minus. Bahkan ekspansi pertumbuhan akan lebih tunggi dari krisis 2008. Jika masih rendah dari 2008, tandanya masih recovery krisis seperti Amerika," ujar Faisal Basri.
Dilihat dari pertumbuhan ekonomi di triwulan ketiga 2009, sejumlah negara utama di belahan dunia telah menunjukkan pemulihan ekonomi yang berarti. Di Asia Tengara misalnya, pertumbuhan Ekonomi Singapura naik dua dijit menjadi 14,2 persen pada triwulan ketiga 2009. Melihat kondisi demikian maka diramalkan bahwa pertumbuhan ekonomi di ASEAN pada 2010 akan meningkat menjadi 4 persen dari 0,7 persen menurut IMF.
Pertumbuhan ekonomi dunia diramalkan anak naik tajam di tahun 2010 menjadi 3,1 persen dibanding tahun 2009 yang hanya -1,1 persen berdasarkan proyeksi terakhir Internasional Monetary Fund (IMF). Hal tersebut disampaikan Ketua Lembaga Pengkajian, Penelitian, dan Pengembangan Ekonomi (LP3E) Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Faisal Basri dalam jumpa pers "Prospek dan Tantangan Ekonomi 2010 di Menara Kadin, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selasa (12/1/2010).
"Tak satupun negara pertumbuhannya minus. Bahkan ekspansi pertumbuhan akan lebih tunggi dari krisis 2008. Jika masih rendah dari 2008, tandanya masih recovery krisis seperti Amerika," ujar Faisal Basri.
Dilihat dari pertumbuhan ekonomi di triwulan ketiga 2009, sejumlah negara utama di belahan dunia telah menunjukkan pemulihan ekonomi yang berarti. Di Asia Tengara misalnya, pertumbuhan Ekonomi Singapura naik dua dijit menjadi 14,2 persen pada triwulan ketiga 2009. Melihat kondisi demikian maka diramalkan bahwa pertumbuhan ekonomi di ASEAN pada 2010 akan meningkat menjadi 4 persen dari 0,7 persen menurut IMF.
KENDALA DI INDONESIA
Ada beberapa masalah yang mereka hadapi dalam menjalankan
usahanya, saya akan coba membahas sebagian dari permasalahan tersebut.
Perilaku
Pertama-tama, belanja online bukanlah sesuatu yang baru bagi orang Indonesia yang tinggal di kota besar, mereka telah mengetahui tentang hal ini namun entah kenapa tidak dilakukan. Mengapa? Dari hasil penelitian, sebagian besar orang Indonesia masih kurang mempercayai situs-situs e-commerce, bukan tentang keamanan dari berbelanja online yang tidak mereka percayai namun justru merchant-nya. Mereka takut ditipu, selain itu kurangnya kredibilitas/reputasi yang diberikan oleh pasar semakin memperburuk keadaan.
Sarana Pembayaran
Tahun lalu, payment gateway bisa dibilang nyaris tidak ada sama sekali. Namun kemudian muncul Doku dan Unik, juga IndoMog yang merangkul beberapa mitra untuk penyebaran konten. Dan juga beberapa payment gateway muncul dari bank, carriers, dan produsen handset, tentunya akan semakin banyak penawaran yang datang dari layanan pembayaran untuk digunakan oleh startup. Namun kita harus menunggu dan mencoba layanan yang sudah ada, sampai menemukan yang cocok dan bisa berjalan di Indonesia.
Perilaku
Pertama-tama, belanja online bukanlah sesuatu yang baru bagi orang Indonesia yang tinggal di kota besar, mereka telah mengetahui tentang hal ini namun entah kenapa tidak dilakukan. Mengapa? Dari hasil penelitian, sebagian besar orang Indonesia masih kurang mempercayai situs-situs e-commerce, bukan tentang keamanan dari berbelanja online yang tidak mereka percayai namun justru merchant-nya. Mereka takut ditipu, selain itu kurangnya kredibilitas/reputasi yang diberikan oleh pasar semakin memperburuk keadaan.
Sarana Pembayaran
Tahun lalu, payment gateway bisa dibilang nyaris tidak ada sama sekali. Namun kemudian muncul Doku dan Unik, juga IndoMog yang merangkul beberapa mitra untuk penyebaran konten. Dan juga beberapa payment gateway muncul dari bank, carriers, dan produsen handset, tentunya akan semakin banyak penawaran yang datang dari layanan pembayaran untuk digunakan oleh startup. Namun kita harus menunggu dan mencoba layanan yang sudah ada, sampai menemukan yang cocok dan bisa berjalan di Indonesia.
Mobile
Mobile merupakan pasar yang besar di Indonesia, namun belum ada perusahaan e-commerce yang melakukan sesuatu yang signifikan bagi para pengguna mobile mereka, kecuali perusahaan seperti Tokobagus, yang itu pun membutuhkan waktu lama sebelum mereka meluncurkan sebuah aplikasi BlackBerry. Pasar para pengguna e-commerce memang ada di mobile, namun sebagian besar e-commerce startup lebih memperhatikan situs yang diakses dari desktop mereka dibandingkan memberikan layanan yang bagus melalui mobile shopping. Bila ada yang bisa memecahkan masalah ini, maka hal itu bisa menjadi standar baru untuk perkembangan e-commerce.
Sarana Logistik
Sebagian besar e-commerce startup tidak memperhatikan poin ini, “kami hanya menyediakan pasar, bukan logistik” adalah alasan klasik yang disampaikan, namun bila sebuah perusahaan e-commerce ingin sukses, logistik adalah hal yang wajib. Memang benar, Anda menjalankan perusahaan “online”, namun e-commerce tetaplah COMMERCE (perdagangan) yang menggunakan internet. Dan salah satu bagian dari perdagangan tersebut adalah logistik, cara mendistribusikan dan mengirimkan barang langsung ke pembeli! Hal ini merupakan permasalahan bagi sebagian besar perusahaan, menemukan metode operasional dari awal hingga akhir, dari ujung ke ujung, dari mulai merambah laman mencari barang, membayar, keamanan dan pengiriman barang.
Peraturan
Nah, ini yang menyedihkan, di saat indutri bertumbuh dengan cepat, pemerintah Indonesia justru sedang merencanakan untuk menerbitkan peraturan yang melarang siapapun menangani pengiriman uang, dan hal ini bisa memperlambat kemajuan industri.
Mobile merupakan pasar yang besar di Indonesia, namun belum ada perusahaan e-commerce yang melakukan sesuatu yang signifikan bagi para pengguna mobile mereka, kecuali perusahaan seperti Tokobagus, yang itu pun membutuhkan waktu lama sebelum mereka meluncurkan sebuah aplikasi BlackBerry. Pasar para pengguna e-commerce memang ada di mobile, namun sebagian besar e-commerce startup lebih memperhatikan situs yang diakses dari desktop mereka dibandingkan memberikan layanan yang bagus melalui mobile shopping. Bila ada yang bisa memecahkan masalah ini, maka hal itu bisa menjadi standar baru untuk perkembangan e-commerce.
Sarana Logistik
Sebagian besar e-commerce startup tidak memperhatikan poin ini, “kami hanya menyediakan pasar, bukan logistik” adalah alasan klasik yang disampaikan, namun bila sebuah perusahaan e-commerce ingin sukses, logistik adalah hal yang wajib. Memang benar, Anda menjalankan perusahaan “online”, namun e-commerce tetaplah COMMERCE (perdagangan) yang menggunakan internet. Dan salah satu bagian dari perdagangan tersebut adalah logistik, cara mendistribusikan dan mengirimkan barang langsung ke pembeli! Hal ini merupakan permasalahan bagi sebagian besar perusahaan, menemukan metode operasional dari awal hingga akhir, dari ujung ke ujung, dari mulai merambah laman mencari barang, membayar, keamanan dan pengiriman barang.
Peraturan
Nah, ini yang menyedihkan, di saat indutri bertumbuh dengan cepat, pemerintah Indonesia justru sedang merencanakan untuk menerbitkan peraturan yang melarang siapapun menangani pengiriman uang, dan hal ini bisa memperlambat kemajuan industri.
APLIKASI DALAM
E-COMMERCE
1. OSCommerce
Aplikasi e-commerce yang sangat populer sekarang ini. Banyak situs-situs belanja online yang
menggunakan aplikasi ini. Banyak sekali theme/template baik yang gratis maupun berbayar yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan.
2. Magento
Aplikasi ini menggunakan framework zend sebagai dasar aplikasi menjadi nilai tambah untuk
aplikasi ini. Karena menggunakan framework zend, secara programming aplikasi ini lebih
mudah dipelajari dan tentunya akan lebih mudah untuk dikembangkan. Ukuran aplikasi yang
besar merupakan nilai minus, selain itu minimum requirement dari aplikasi ini menuntut
kemampuan hosting yang tidak sembarangan.
3. ZenCart
ZenCart termasuk aplikasi open source yang dapat digunakan bebas tanpa membeli lisensi.
Aplikasi ini juga didukung oleh banyak programmer, banyak fitur-fitur tambahan yang selalu
diupgrade atau diperbaharui. Banyak sekali theme/template yang dapat digunakan untuk
mempercantik tampilan. ZenCart juga termasuk dalam salah satu aplikasi yang didukung
dalam kemudahan instalasi oleh fantastico auto installer.
4. CubeCart
Diluncurkan dalam dua jenis aplikasi, CubeCart 3, dan Cubecart 4. CubeCart versi 3
mempunyai versi free sedangkan versi 4 dengan terpaksa harus membayar.
5. WordPress + Yak/WP-Ecommerce
Wordpress merupakan aplikasi untuk weblog yang sangat populer. Dengan sifatnya yang
sangat memungkinkan untuk menambahkan plugin maka wordpress dapat juga digunakan
sebagai shopping cart. Salah satu plugin yang untuk itu adalah Yak. Selain plugin Yak,
terdapat pula plugin WP e-Commerce.
Selain aplikasi diatas masih banyak lagi berbagai macam aplikasi untuk kegiatan E-commerce, atau anda bisa membangun sebuah website atau aplikasi sendiri yang tentu saja lebih baik dari aplikasi aplikasi diatas tapi tentu biaya yang dibutuhkan lumayan besar, akan tetapi tentu biaya yang besar juga memiliki manfaat yang lebih besar.
Aplikasi e-commerce yang sangat populer sekarang ini. Banyak situs-situs belanja online yang
menggunakan aplikasi ini. Banyak sekali theme/template baik yang gratis maupun berbayar yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan.
2. Magento
Aplikasi ini menggunakan framework zend sebagai dasar aplikasi menjadi nilai tambah untuk
aplikasi ini. Karena menggunakan framework zend, secara programming aplikasi ini lebih
mudah dipelajari dan tentunya akan lebih mudah untuk dikembangkan. Ukuran aplikasi yang
besar merupakan nilai minus, selain itu minimum requirement dari aplikasi ini menuntut
kemampuan hosting yang tidak sembarangan.
3. ZenCart
ZenCart termasuk aplikasi open source yang dapat digunakan bebas tanpa membeli lisensi.
Aplikasi ini juga didukung oleh banyak programmer, banyak fitur-fitur tambahan yang selalu
diupgrade atau diperbaharui. Banyak sekali theme/template yang dapat digunakan untuk
mempercantik tampilan. ZenCart juga termasuk dalam salah satu aplikasi yang didukung
dalam kemudahan instalasi oleh fantastico auto installer.
4. CubeCart
Diluncurkan dalam dua jenis aplikasi, CubeCart 3, dan Cubecart 4. CubeCart versi 3
mempunyai versi free sedangkan versi 4 dengan terpaksa harus membayar.
5. WordPress + Yak/WP-Ecommerce
Wordpress merupakan aplikasi untuk weblog yang sangat populer. Dengan sifatnya yang
sangat memungkinkan untuk menambahkan plugin maka wordpress dapat juga digunakan
sebagai shopping cart. Salah satu plugin yang untuk itu adalah Yak. Selain plugin Yak,
terdapat pula plugin WP e-Commerce.
Selain aplikasi diatas masih banyak lagi berbagai macam aplikasi untuk kegiatan E-commerce, atau anda bisa membangun sebuah website atau aplikasi sendiri yang tentu saja lebih baik dari aplikasi aplikasi diatas tapi tentu biaya yang dibutuhkan lumayan besar, akan tetapi tentu biaya yang besar juga memiliki manfaat yang lebih besar.
0 komentar:
Posting Komentar